Satgas Yonif 121/MK Bekali Pramuka Ilmu Menggunakan Kompas

0
72
Dok. Pendam I/BB

PAPUA today | Praja Muda Karana (Pramuka) adalah suatu organisasi pendidikan Nonformal berupa panduan yang dilaksanakan diseluruh Indonesia, dimana kata Pramuka itu sendiri memiliki arti Jiwa Muda yang Suka Berkarya dengan sasaran membentuk watak, akhlak, dan budi pekerti luhur yang di implementasikan kepada makhluk hidup terutama kepada sesama manusia serta terhadap lingkungan hidup disekitarnya.

Ada beberapa jenis kegiatan dalam kepramukaan, setiap kegiatan itu disesuaikan dengan tingkatan masing-masing, baik untuk Siaga, Penggalang, penegak maupun Pandega. Hal ini tentunya disesuaikan dengan tingkatan umur dan pola pikir dari anggota Pramuka itu sendiri.

Demikian yang dilaksanakan SMP YPPK Taruna Tegasa yang berlokasi di Distrik Arso Kabupaten Keerom Papua pada Sabtu 29 September 2018 dengan bantuan Satgas Yonif 121/MK melaksanakan kegiatan kepramukaan kepada siswa-siswi di sekolah tersebut. Dalam kegiatan kepramukaan kali ini Satgas Yonif 121/MK diminta langsung oleh pihak sekolah SMP YPPK Taruna Tegasa untuk memberikan materi kegiatan berupa pengetahuan penggunaan Kompas.

Untuk itu 2 personel Satgas Yonif 121/MK dari Pos Komando Utama (Pos Kout) yakni Sertu M. Alif Wahyudi dan Kopda Binahar Nababan sebagai pemberi materi penggunaan kompas memaparkan bagaimana cara menggunakan kompas yang baik dan benar, baik itu kompas yang digunakan sebagai alat untuk menentukan arah mata angin maupun untuk menentukan suatu arah yang akan dituju apabila digunakan pada saat berjalan.

Hal tersebut dikemukakan kepada para siswa mengingat pentingnya menggunakan kompas terutama dikawasan hutan tanpa petunjuk arah sama sekali. Selain memberikan pengetahuan kompas, sebelumnya Satgas Yonif 121/MK telah beberapa kali melaksanakan kegiatan kepramukaan di SMP YPPK Taruna Tegasa antara lain memberikan materi Peraturan Baris Berbaris (PBB), latihan kepemimpinan, kedisiplinan, dan pembekalan wawasan kebangsaan kepada siswa-siswi.

Kepala Sekolah SMP YPPK Taruna tegasa Monika Itu, S.Pd. dalam kesempatan tersebut mengatakan sangat terbantu dengan kehadiran Satgas Yonif 121/MK yang selama ini turut terlibat dalam kegiatan kepramukaan di sekolahnya dan ia juga mengucapkan terimakasih atas kesediaan Satgas Yonif 121/MK turut membimbing anak-anak didiknya.

“Kami sangat terbantu dengan keterlibatan Satgas Yonif 121/MK dalam kegiatan kepramukaan di sekolah kami dengan cara membagi ilmu yang mereka punya kepada siswa-siswi selama ini, dan kami juga atas nama sekolah maupun yayasan mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Satgas Yonif 121/MK karena berkenan meluangkan waktu untuk melatih anak didik kami.” Ujar Monika.

redaksi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here