ASPRINDO Turut Serta TEI 2018

0
104

TANGERANG |today – Trade Expo Indonesia (TEI) atau pameran dagang internasional 2018 resmi di gelar. Kementerian perdagangan selaku pihak penyelenggara TEI kali ini memproyeksikan akan ada USD 5,19 miliar atau sekitar Rp 77,85 triliun kontrak kerja sama antara Indonesia dan mitra dagang internasional. Nilai ini dua kali lipat lebih besar dibanding tahun lalu‎.

Produk lokal hasil pengembangan ekonomi kreatif nusantara mendapat tempat istimewa untuk dipromosikan di ajang TEI kali ini. Kementerian Perdagangan memberikan prioritas yang sama besar untuk merambah pasar ekspor.

Menurut Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita, pameran ini sebagai bentuk mempromosikan produk pada pembeli potensial yang hadir untuk melihat karya-karya yang ada. Selain itu kata dia, TEI 2018 sendiri memberi nilai tambah dalam ekonomi kreatif melihat perkembangannya yang sangat luar biasa.

“Pasar baru dengan pendekatan diplomasi di negara potensial bakal dirambah untuk meningkatkan nilai tambah,” kata Enggar sesaat lalu di ICE BSD, Tangerang Selatan, Banten.

Sementara itu, Menlu, Retno Marsudi mengatakan bakal memproyeksikan pasar ekspor potensial pada tahun-tahun mendatang selain pasar tradisional  seperti Amerika Serikat maupun beberapa negara di Eropa. Ia yakin lantaran TEI 2018 didatangi lebih dari seratus negara dengan total 6.300 pembeli potensial.

“Kami terus mengupayakan untuk tembus ke pasar-pasar nontradisional seperti Afrika Selatan, Nigeria, India, Bangladesh, Maroko, dan lain-lain. Potential buyers dari Nigeria saja lebih dari 800, celah ekspor ke negara mitra dagang perlu terus digali untuk memperluas pasar,” jelasnya

Dalam kesempatan yang sama, delegasi Asosiasi Pengusaha Bumiputera Nusantara Indonesia (Asprindo), Amin Appa, mengatakan Asprindo turut andil dalam pameran TEI 2018 dengan mengirimkan sebanyak 43 perusahaan dari berbagai macam jenis usaha (bisnis).

“Keikutsertaan dalam TEI kali ini merupakan permulaan yang baik bagi Asprindo dalam membina hubungan dengan pengusaha-pengusaha asing dalam meningkatkan ekspor nasional, ” kata Amin.

‎Produk dari para pengusaha Asprindo menurutnya cukup diminati para pembeli potensial diajang yang berlangsung sejak 24-28 Oktober ini.

“Berbagai produk cukup diminati pembeli dari Arab Saudi, Mesir dari Uni Emirat Arab, sebagian besar Timur Tengah, ada dari Asia Tengah, ada dari Eropa, Amerika,”jelasnya.

Ragam produk yang dipasarkan para pengusaha Asprindo dan mendapat tanggapan positif dari pembeli di ajang TEI 2018 antara lain, produk agrikultur, makanan olahan, furniture ‎dan lainnya. (Mon)‎

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here