Geliat Genitri Membuka Transformasi Ekonomi Warga Desa Jugo

0
256
Dok. Indonesia Today

KEDIRI today | Dalimin, Kepala Dusun Besuki Desa Jugo mengungkap fakta dibalik potensi terpendam di desanya. Tanaman genitri, tanaman yang satu ini memiliki prospek yang cerah dan diyakini bakal menjadi sumber pendapatan utama warga Desa Jugo, dan tim ekspedisi lereng Gunung Wilis mencari tahu kebenaran dari keberadaan tanaman yang berlokasi di puncak Gunung Wilis. sabtu (27/10).

Saat wawancara singkatnya dengan Penrem 082 terkait TMMD yang ada didesa ini, Dalimin mengakui tanaman genitri memang masih terbatas dan belum begitu banyak. Kendati belum begitu banyak, tanaman ini sudah jauh lebih berkembang budidayanya ketimbang 5 hingga 7 tahun yang lalu, lantaran warga Desa Jugo mulai melirik tanaman yang satu ini.

Buah genitri, mendominasi kerajinan tangan dan pangsa pasarpun melirik desa ini untuk memasok kebutuhan bahan dasar utama. Pangsa pasar untuk genitri, memang masih belum terpenuhi, hal ini disebabkan jumlah permintaan dengan ketersediaan genitri masih belum tercukupi.

Kebutuhan akan permintaan, saat ini masih sekitar 20% hinga 30% dari ketersediaan genitri, tetapi tidak menutup kemungkinan, dalam jangka 5 tahun mendatang, genitri akan mampu memenuhi permintaan pasar hingga 80% keatas.

Pangsa pasar genitri warga Desa Jugo, menyasar ke kota-kota besar, salah satunya Surabaya, dan di kota ini juga, warga kewalahan memenuhi permintaan yang jauh dari ketersediaan genitri.

Menurut Dalimin, kendala utama untuk mengembangkan tanaman ini hanya bagaimana menarik animo warga sebanyak mungkin. Sedangkan untuk lahan, di desa ini sama sekali tidak menjadi permasalahan, lantaran luasnya lahan yang masih bisa diberdayakan.

Terlepas dari kondisi sekarang terkait pasokan kepada permintaan pangsa pasar, Dalimin meyakini, budidaya genitri memiliki masa depan yang cerah, tetapi itu semua tergantung bagaimana warga mengoptimalkan produksi yang seimbang dengan permintaan pangsa pasar.

Dodik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here