Penandatanganan MOU antara PT. SKYLAR TERRA INTERNATIONAL, LLC. dan AR USA In YOUR HAND DENGAN 910 SPORTSWEAR di Fasilitasi OK OCE GO GLOBAL MARKET

0
31

SERPONG |today – Rangkaian event pameran perdagangan terbesar di Indonesia yaitu Trade Expo Indonesia 2018 (TEI2018) yang ke 33 yang mengusung tema tahun ini yaitu CREATING PRODUCTS FOR GLOBAL
OPPORTUNITIES, dimulai tanggal 24 Oktober dan ditutup pada 28 Oktober 2018 di ICE BSD –

Tangerang, Banten, menyajikan kegiatan perdagangan kelas dunia yang dihadiri oleh para distributor, importir, dari buyer dari seluruh dunia. Salah satu target pasar ekspor terbesar Indonesia di dunia adalah Amerika Serikat, tercatat nilai neraca perdagangan (non migas) Indonesia-Amerika Serikat sebesar US $19,2 billions (sumber : Kementerian Perdagangan RI).

Seiring dengan tindak lanjut dari pengembangan pasar OK OCE Global Social Enterpreneurship, pada event TEI 2018 kali ini, produk sepatu sport dengan brand 910 Sportswear yang merupakan salah satu brand binaan OK OCE telah lolos kurasi Pemprov DKI Jakarta dan mendapatkan fasilitas booth untuk mengikuti pameran di event TEI 2018 ini untuk mulai masuk ke pasar ekspor. “Kami
sebagai produsen sepatu dalam negeri yang khusus memproduksi running shoes dengan brand 910 Sportswear, pada tahun ini mencoba pengembangan pasar ekspor khususnya pasar USA.

Produk kami lolos kurasi standarisasi pasar ekspor dan mendapatkan fasilitas booth dari Pemrov. DKI Jakarta di Hall 9 booth nomor 4,” Hartono Wijaya, CEO 910 Sportswear, menerangkan. Sebagai brand lokal yang akan menembus pasar global, 910 Sportswear menggandeng perusahaan yang didirikan oleh diaspora Indonesia di USA, Skylar-Terra International,LLC sebagai representatif office dan juga pasar digital (marketplace) AR USA in Your Hand dengan melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman (MOU) dalam melakukan pengembangan promosi dan penetrasi pasar di AS. “Untuk masuk pasar Amerika Serikat diperlukan upaya promosi yang terus
menerus sebagai sebuah new brand, untuk itu kami dari Skylar Terra International,LLC. menjadi perusahaan perwakilan dari sepatu 910 di Amerika Serikat.” disampaikan oleh Ira Damayanti CEO PT. Skylar Terra International, LLC.

Coach Faransyah Agung Jaya selaku Ketua Pengurus Perkumpulan Gerakan OK OCE (PGO) selalu mendorong percepatan UKM-IKM Indonesia yang siap dan mau memasuki pasar ekspor.

“Penumbuhan dan pengembangan usaha dan pengusaha sudah saatnya ditingkatkan untuk menuju pasar global” ujarnya. “Produk sepatu 910 sportswear sangat potensial dan siap untuk masuk Pasar global, karena memiliki daya saing yang memenuhi kapasitas, kualitas serta standarisasi produk sesuai pasar global, selain itu dapat mengangkat produk IKM unggulandengan brand dalam negeri.” Ujar Faran.

Kegiatan MOU ini sebagai langkah strategis lanjutan Indonesian Diaspora SME-SMI Export Empowerment Development (ID-SEED) dan Task Force UKM-IKM Ekspor Indonesia Diaspora Network United dalam pendampingan bagi UKM-IKM dalam menembus pasar ekspor. “Untuk masuk pasar ekspor sebenarnya tidak rumit, namun perlu proses. Untuk itulah perlunya pembekalan dan pendampingan bagi produk UKM-IKM yang berpotensi atau baru memulai ekspor.” ungkap Tengku Irham selaku Sekjen. ID-SEED. “Produk UKM/IKM Indonesia seperti produk sepatu 910 dapat bersaing di pasar global, namun belum banyak yang mengerti bagaimana menembus pasar ekspor. Hal itu disebabkan oleh kurangnya informasi dan pengetahuan tentang tata cara ekspor serta regulasi ekspor baik di Indonesia dan negara tujuan ekspor.” tambahnya.

“Impor AS untuk Footwear (HS code 64) dari Indonesia di tahun 2017 adalah US$ 1,5 milyar. Ekspor sports shoes Indonesia ke AS didominasi oleh impor dari perusahaan olahraga multinasional dengan merek terkenal seperti Nike, Adidas, Asics, Converse dan Under Armour. Perlu strategi mengenai segmen pasar yang dituju oleh 910 dalam memasuki pasar AS. Apakah dengan sistem maakloon sebagaimana Kegiatan MOU ini sebagai langkah strategis lanjutan Indonesian Diaspora SME-SMI Export
Empowerment Development (ID-SEED) dan Task Force UKM-IKM Ekspor Indonesia Diaspora Network United dalam pendampingan bagi UKM-IKM dalam menembus pasar ekspor. “Untuk masuk pasar ekspor sebenarnya tidak rumit, namun perlu proses. Untuk itulah perlunya pembekalan dan pendampingan bagi produk UKM-IKM yang berpotensi atau baru memulai ekspor.” ungkap Tengku Irham selaku Sekjen. ID-SEED. “Produk UKM/IKM Indonesia seperti produk sepatu 910 dapat bersaing di pasar global, namun belum banyak yang mengerti bagaimana menembus pasar ekspor. Hal itu disebabkan oleh kurangnya informasi dan pengetahuan tentang tata cara ekspor serta regulasi ekspor baik di Indonesia dan negara tujuan ekspor.” tambahnya.

“Impor AS untuk Footwear (HS code 64) dari Indonesia di tahun 2017 adalah US$ 1,5 milyar. Ekspor sports shoes Indonesia ke AS didominasi oleh impor dari perusahaan olahraga multinasional dengan merek terkenal seperti Nike, Adidas, Asics, Converse dan Under Armour. Perlu strategi mengenai segmen pasar yang dituju oleh 910 dalam memasuki pasar AS. Apakah dengan sistem maakloon sebagaimana umumnya ekspor sportshoes Indonesia ke AS, atau memasarkan dengan brand lokal Indonesia sendiri ke distributor/retailer di AS, atau segmen khusus seperti supply ke organisasi tertentu (contoh seperti sports team Universitas dan/atau tentara AS).” jelas Reza Pahlevi, Atase Perdagangan RI untuk AS yang turut menyaksikan penandatangan nota kesepahaman (MOU) antara 910 Sportswear, PT. Skylar Terra International,LLC dan AR USA in Your Hand pada hari Kamis tanggal 25 Oktober 2018 di Hall 3A ICE BSD.

Strategi memasuki pasar luar negeri saat ini tidak bisa lepas dari digital market atau dikenal dengan e-commerce. “Kita cukup mengapresiasi brand sepatu 910 sebagai produk dalam negeri untuk dapat masuk ke pasar AS, untuk itu kami mendukung strategi promosi dan pemasarannya melalui Auctmented Realty dan Market Place B to B di USA in Your Hand.” tambah Amiranto Wibowo sebagai CEO Indonesia In Your Hand Network yang juga menginisiasi B2B Market Place di berbagai negara.

Pada momen tersebut, turut hadir Jon Masli dari Kadin Indonesia Komtap NAFTA (North America Free Trade Association) yang berdomisili di Los Angeles – Amerika Serikat yang juga turut menyaksikan penandatangan nota kesepahaman (MOU). “Komtap NAFTA Kadin Indonesia siap mensupport pelaku UKM-IKM untuk menembus pasar Amerika Utara yang terdiri dari Amerika Serikat, Canada dan Mexico”, Jon Masli menambahkan.umumnya ekspor sportshoes Indonesia ke AS, atau memasarkan dengan brand lokal Indonesia sendiri ke distributor/retailer di AS, atau segmen khusus seperti supply ke organisasi tertentu (contoh seperti sports team Universitas dan/atau tentara AS).” jelas Reza Pahlevi, Atase Perdagangan RI untuk AS yang turut menyaksikan penandatangan nota kesepahaman (MOU) antara 910 Sportswear, PT. Skylar Terra International,LLC dan AR USA in Your Hand pada hari Kamis tanggal 25 Oktober 2018 di Hall 3A ICE BSD.

Strategi memasuki pasar luar negeri saat ini tidak bisa lepas dari digital market atau dikenal dengan e-commerce. “Kita cukup mengapresiasi brand sepatu 910 sebagai produk dalam negeri untuk dapat masuk ke pasar AS, untuk itu kami mendukung strategi promosi dan pemasarannya melalui Auctmented Realty dan Market Place B to B di USA in Your Hand.” tambah Amiranto Wibowo sebagai CEO Indonesia In Your Hand Network yang juga menginisiasi B2B Market Place di berbagai negara. Pada momen tersebut, turut hadir Jon Masli dari Kadin Indonesia Komtap NAFTA (North America Free Trade Association) yang berdomisili di Los Angeles – Amerika Serikat yang juga turut menyaksikan penandatangan nota kesepahaman (MOU). “Komtap NAFTA Kadin Indonesia siap mensupport pelaku UKM-IKM untuk menembus pasar Amerika Utara yang terdiri dari Amerika Serikat, Canada dan Mexico”, Jon Masli menambahkan. (Monty)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here