Upaya Ciptakan Situasi Kamtibmas Yang Kondusif, Polisi lakukan Problem Solving

0
18
Dok. Indonesia Today

KALTENG today | Sebagai aparatur negara yang bertugas melayani masyarakat harus bisa menciptakan kehidupan harmonis, damai di wilayah hukumnya, salah satunya dengan melakukan Problem Solving terhadap permasalahan warga. Hal tersebut dikatakan Kapolsek Katingan Kuala Ipda Bahrul Ilmi, S. Sos., melalui anggota Bhabinkamtibmas Polsek Katingan Kuala. Selasa (06/11).

Kapolsek Katingan Kuala bersama Bhabinkamtibmas Kelurahan Pegatan Hulu Brigpol Leander melakukan penyelesaian masalah yang dilakukan oleh sdr. Nur Apingki Bin Hardianur (16 th) alamat : jln swadaya Rt. 011 / Rw. 003 Kel. Pegatan Hulu) yaitu berupa perbuatan menulis / mencoret jalan lintas antara pegatan dan kampung tengah dengan tulisan “GMP (Genk Macan Putih)” tertanggal 31 Oktober 2018 sekitar 21.00 WIB lalu.

Kemudian anggota Polsek melakukan penyelidikan lebih lanjut melalui Handphone milik Sdr. Nur Apingki bin Hardianur bahwa Genk Macan Putih (GMP) juga memiliki hubungan / keterkaitan dengan geng anak – anak SMPN 1 Katingan Kuala dengan nama Geng Anak remaja Pegatan (Arpega) yang selama ini membuat resah Guru dan Murid-murid disekolah.

Kemudian Kapolsek dan anggota Bhabinkamtibmas memanggil Sdr. Nur Apingki Bin Hardianur untuk diberikan nasehat sehubungan dengan perbuatan yang telah dilakukannya, dan juga membuat surat pernyataan yang isinya antara lain sbb :

1. Berjanji tdk akan mengulangi perbuatan mencoret jalan atau perbuatan dalam bentuk apapun yang melanggar hukum dan perundang undangan yg berlaku.
2. Bersedia tidak akan mengganggu anak – anak membuat SMPN 1 Katingan Kuala dan akan membubarkan genk macan putih (GMP) serta tidak akan membuat ataupun membentuk genk lainnya.
3. Berjanji tidak akan mengulangi perbuatan tersebut diatas, dan apabila mengulangi maka bersedia di tuntut sesuai hukum dan perundang undangan yang berlaku. Dan dalam penyelesaian masalah tersebut, di saksikan oleh tokoh masyarakat kelurahan Pegatan Hulu an. Bapak Syamsudin.

Kapolres Katingan AKBP E. Dharma B. Ginting, S.H., S.I.K., M.H melalui Kapolsek Katingan Kuala Ipda Bahrul Ilmi mengatakan,“Sekecil apapun permasalahan di wilayah harus di selesaikan sampai tuntas jangan sampai meninggalkan sisa masalah sehingga bisa berkembang menjadi Potensi Konflik yang dapat mengganggu situasi kamtibmas yang sudah kondusif, dengan problem solving lah salah satu jalan penyelesaiannya.” tuturnya.

Rahmat/dardi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here