Home / Berita Terbaru / Lifestyle / Kesehatan / 15 Manfaat Telur Puyuh Bagi Kesehatan Tubuh
indonesiatoday

15 Manfaat Telur Puyuh Bagi Kesehatan Tubuh

JAKARTA today | Telur puyuh adalah telur yang dihasilkan oleh burung puyuh (Coturnix coturnix). Teksturnya hampir sama dengan telur ayam biasa, hanya saja ukurannya yang jauh lebih kecil dibandingkan telur ayam maupun bebek. Telur puyuh memiliki cangkang atau kulit berwarna putih pucat disertai motif coklat.

Jenis telur ini biasanya dapat kita jumpai dalam berbagai jenis hidangan, seperti sayur sop dan bubur ayam. Dibalik bentuknya yang mungil, telur ini juga memiliki banyak khasiat bagi tubuh manusia, karena banyak mengandung sejumlah vitamin dan nutrisi lainnya seperti protein, vitamin A, vitamin B, hingga asam amino.

Adapun 15 Manfaat Telur Puyuh bagi kesehatan tubuh kita sbb :

1. Menjaga Kesehatan Gigi

Zinc (mineral) yang terdapat pada telur puyuh memiliki peran penting dalam merawat kesehatan gigi dan mengatasi masalah bau mulut. Tak hanya itu, zinc pada telur puyuh juga efektif untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu pembentukan sel, dan meningkatkan kesuburan.

2. Meminimalisir Risiko Penyakit Jantung

Satu porsi telur puyuh (sekitar 5 butir) mengandung 244 IU vitamin A dan 119 mg kolin. Telur puyuh menyumbang 8-10 persen dari jumlah total asupan vitamin A harian, dan 22-28 persen asupan kiln harian. Kedua zat tersebut efektif dalam mencegah infeksi, tak terkecuali meminimalisir risiko penyakit jantung. Bagi Anda yang ingin terbebas dari risiko penyakit jantung, mulailah konsumsi telur puyuh secara rutin mulai dari sekarang.

3. Penambah Stamina

Sama seperti telur ayam, telur puyuh juga kaya akan protein. Lima butir telur puyuh mengandung sekitar 6-gram protein, atau setara dengan kandungan protein dalam 1 butir telur ayam. Adanya protein pada telur puyuh menjadikan telur ini berkhasiat untuk menambah stamina tubuh, juga menambah massa otot.

BACA JUGA :  How To Get Out Of Debt In 1 Year Or Less!

4. Mencegah Anemia

Anemia adalah penyakit kekurangan darah yang di akibatkan oleh jumlah hemoglobin yang kurang. Padahal, hemoglobin adalah zat dalam sel darah bertugas untuk mendistribusikan darah dari paru-paru ke seluruh tubuh. Telur puyuh juga salah satu sumber zat besi terbaik yang bisa Anda dapatkan guna mencegah anemia. Zat tersebut berperan penting dalam produksi hemoglobin. Asupan zat besi yang cukup tentu akan membuat kadar hemoglobin dalam darah stabil.

5. Menjaga Kesehatan Mata

Mengkonsumsi telur puyuh secara rutin tentunya akan membuat fungsi mata selalu optimal dan menghindari mata mengalami sejumlah gangguan seperti kornea rusak dan katarak, karena telur yang satu ini kaya akan kandungan vitamin A dan juga vitamin B2 (riboflavin).

6. Mencegah Kanker

Mengkonsumsi telur puyuh secara rutin termasuk salah satu cara mengurangi resiko kanker dikarenakan adanya kandungan selenium, yakni zat antioksidan yang bertugas untuk menangkal radikal bebas dan mencegah kerusakan sel-sel tubuh.

7. Menurunkan Tekanan Darah

Bagi Anda para penderita tekanan darah tinggi (hipertensi), telur puyuh bisa dijadikan jalan alternatif menu sehat untuk menurunkan tekanan darah pada tubuh. Kandungan Kalium yang ada pada telur mini ini sangat efektif menurunkan tekanan darah. Kalium adalah mineral yang berperan sebagai vasodilator guna memperlebar pembuluh darah sehingga sirkulasi darah berjalan lancar dan tekanan darah pun tetap stabil. Kalium juga berfungsi untuk merawat fungsi sistem kardiovaskular.

8. Detoksifikasi

Telur puyuh juga mengandung zat antioksidan dan asam amino, kedua zat ini sangat bermanfaat bagi sel-sel tubuh yang rusak oleh paparan radikal bebas yang disebabkan oleh racun yang berasal dari sisa makanan. Antioksidan bertugas untuk menangkal radikal bebas yang bisa merusak sel tubuh, sedangkan asam amino berperan untuk mencegah peningkatan dan pembuangan racun tersebut.

BACA JUGA :  Time Sensitive! 5 Ways To Reduce Your Taxes

9. Mengatasi Alergi

Jika telur ayam berpotensi menimbulkan alergi, maka yang terjadi pada telur puyuh adalah sebaliknya. Ya, alih-alih menyebabkan alergi, mengonsumsi telur puyuh justru bisa mencegah atau mengatasi alergi. Manfaat telur puyuh untuk mengatasi alergi karena adanya kandungan ovomucoid, yaitu senyawa yang berfungsi untuk mengatasi gejala alergi yang timbul.

10. Memperlambat Penuaan

Menurut sejumlah penelitian, khasiat telur puyuh juga bisa untuk memperlambat proses penuaan. Artinya, mengonsumsi telur puyuh secara rutin bisa membuat Anda awet muda. Kandungan zat anti-penuaan bernama lutein menjadi faktor kunci dari manfaat telur puyuh yang satu ini.

11. Meningkatkan Kinerja Otak

Ingin kinerja otak Anda, terutama menyangkut daya ingat, jadi optimal? Sering-seringlah mengonsumsi telur puyuh. Kandungan kolin pada telur puyuh disebut-sebut efektif guna mempertajam daya ingat, pun merawat sel otak.

12. Mengatasi Sembelit

Sembelit adalah kondisi di mana feses sulit untuk dikeluarkan. Sembelit diakibatkan oleh tubuh yang kekurangan serat. Selain buah-buahan, telur puyuh juga merupakan sumber serat yang patut untuk Anda konsumsi guna mencukupi kebutuhan serat harian.

13. Meningkatkan Kesuburan

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, manfaat telur puyuh juga bisa meningkatkan kesuburan. Ini karena telur puyuh mengandung zat yang penting dalam peningkatan kualitas dan kuantitas sperma, seperti protein, zinc, dan fosfor. Anda yang kini tengah merencanakan kehamilan bersama pasangan, cobalah untuk mulai mengonsumsi telur puyuh secara rutin.

14. Meminimalisir Risiko Keguguran

Selain meningkatkan kinerja otak, kolin pada telur puyuh juga efektif untuk membantu tumbuh kembang janin sehingga risiko mengalami keguguran pun akan sangat kecil. Bagi para ibu hamil, baiknya masukkan juga telur puyuh ke dalam menu sehat Anda, ya!

BACA JUGA :  Unlock The Secrets Of Selling High Ticket Items

15. Mengobati TBC dan Asma

Manfaat telur puyuh yang terakhir adalah mengobati TBC dan asma. Selama berabad-abad, masyarakat Tiongkok telah memercayai telur puyuh sebagai obat tradisional yang ampuh dalam mengatasi penyakit TBC dan asma.

Kendati belum ada bukti medis yang kuat, namun tak ada salahnya bagi Anda yang kini tengah menderita dua penyakit tersebut untuk mengonsumsi telur puyuh sebagai alternatif pengobatan. Tentunya harus diiringi juga dengan pengobatan medis. (rdS)

Sumber : Dokter Sehat

Check Also

10 Reasons To Start Your Own, Profitable Website!

on’t act so surprised, Your Highness. You weren’t on any mercy mission this time. Several …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *