Begini Sinergitas TNI-Polri Ciptakan Situasi Kondusif Dalam Perayaan Natal

0
468
Dok. Indonesia Today

KEDIRI today | Kodim 0809/Kediri bersama Polresta Kediri menjelajahi pos-pos pengamanan dan tempat-tempat ibadah yang berada di Kab. Kediri, kegiatan yang diselenggarakan ini dipimpin langsung Dandim Kediri Letkol Kav Dwi Agung Sutrisno dan Kapolresta Kediri AKBP Anton Haryadi, serta didampingi Kasatpol PP Kota Kediri Ali Mukhlis. selasa (25/12).

Tercatat ada 40 anggota Kodim Kediri dan 35 anggota Polresta Kediri diturunkan selama patroli gabungan yang berlangsung di Hari Natal ini. Saat pelaksanaannya, semua anggota Kodim Kediri maupun Polresta Kediri menggunakan sepeda motor. Saat menyampaikan keterangan persnya kepada media di halaman Gereja St.Yoseph, AKBP Anton Haryadi optimis Kediri tetap kondusif pasca Hari Natal.

“Semua ini kita lakukan untuk menjaga kenyamanan warga Kediri. Saya sama pak Dandim sepakat, Kediri ini harus kondusif. Salah satu upayanya, ya kita bekerjasama. Kerjasama yang kita lakukan, ya seperti ini. Kita bersama-sama keliling Kediri,” ujar Kapolresta.

Menanggapi pertanyaan seputar patroli gabungan antara TNI dan Polri saat Hari Natal ini, ia mengungkapkan sudah kesekian kalinya dilakukan.”Ini bukan pertama kali, sudah berkali-kali. Di tahun ini saja, kita sudah empat kali ini, malam takbiran (jelang Idul Fitri), (saat) Idul Fitri, kemarin (malam) Natal, sekarang Natal,” kata Kapolresta.

Fokus pengamanan, ia memastikan tanpa terkecuali alias semua objek disasar, dan dalam prakteknya dilakukan kekuatan penuh.”Kita tidak terkonsentrasi di tempat ibadah saja, tapi semuanya. Dari Polresta, dari Kodim, semua full, tidak setengah-setengah. Semua kita masuki bersama-sama,” jelas Kapolresta.

Sementara itu, menjawab hubungan Kodim dengan Polresta, Letkol Kav Dwi Agung Sutrisno menjelaskan, bahwa soliditas TNI Polri tidak hanya antar pimpinan, melainkan semuanya saling bekerjasama.”Di Desa ada Babinsa Babinkamtibmas, di Kecamatan ada Danramil Kapolsek, sekarang saya bersama Pak Kapolresta, sama-sama keliling. Semua saling bekerjasama,” ungkap Dandim.

Terkait gangguan kamtibmas, sejauh ini Kediri dalam keadaan kondusif, tidak terjadi gesekan ataupun keributan yang mengganggu umat Kristen dalam menjalankan ibadahnya.

“Sejauh ini, berdasarkan laporan Babinsa, Danramil, para perwira staf, tidak ada gesekan, tidaj ada keributan, semua aman-aman saja. Kita berharap, seterusnya Kediri tetap kondusif,” ujar Dandim.

Patroli gabungan ini dimulai dengan melihat langsung kondisi pos pengamanan yang ada di jalan Doho, kemudian bergeser ke pos yang terletak di alun-alun Kota Kediri. Selanjutnya, patroli gabungan tersebut bergerak menuju pos pengamanan yang berdekatan dengan GBI Setia Bakti, sekaligus melihat kondisi pengamanan saat ibadah Natal di Gereja tersebut.

Patroli gabungan diakhiri di Gereja St.Yoseph yang berlokasi di jalan Hasanudin. Ditempat inilah, wejangan-wejangan seputar kebersamaan berbagai unsur, disampaikan Romo Karyono, selaku sesepuh Gereja ini.

Dodik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here