Gerakan Ok Oce akan deklarasikan di 514 Kabupaten dan kota di Indonesia

0
147

JAKARTA today | Gerakan Ekonomi Kerakyatan One Kabupaten Kota One Center for Entrepreneurship atau disingkat GERAK OK OCE INDONESIA yang terbentuk sejak 28 Oktober 2018 dan dideklarasikan pada 7 November 2018 di Pondok Wirausaha Jakarta dalam waktu dekat akan melakukan deklarasi di 514 Kabupaten dan kota di Indonesia.

Setelah dideklarasikan GERAK OK OCE INDONESIA yang dibentuk Sandiaga Uno sebagai Founder dan dinahkodai oleh Faransyah Agung Jaya sebagai ketua umum sekaligus Co-Founder akan menjalin sinergitas dengan para koordinator di 514 kabupaten dan kota di seluruh Indonesia untuk menyebarkan konsep dan pelaksanaan ekonomi kerakyatan.

Sandiaga Uno menjelaskan, bahwa Gerakan dengan skala nasional GERAK OK OCE INDONESIA yang dibentuknya berbasis Kabupaten dan Kota berbeda dengan OK OCE di Jakarta yang berbasis kecamatan (ONE KECAMATAN ONE CENTRE FOR ENTERPRENEURSHIP) yang dijalankannya pada masa kampanye di DKI dan kini diterapkan di Jakarta.

Menurut Faransyah Agung Jaya yang akrab disapa Coach Faran, bahwa OK OCE di Jakarta sudah berjalan bergandengan dengan Pemprov DKI Jakarta dengan payung hukum Pergub 102 tahun 2018 tentang Pengembangan Kewirausahaan Terpadu telah menciptakan lebih dari 32 ribu pewirausaha baru berdasarkan Izin Usaha Mikro Kecil yang dikeluarkan oleh Dinas PTSP DKI Jakarta.

Coach Faran yang telah mengawal OK OCE selama dua tahun terakhir menjelaskan bahwa dengan diterbitkannya Pergub 102 tahun 2018 tersebut maka sebagian besar perannya mengembangkan Gerakan Kewirausahaan di DKI Jakarta sudah selesai. Program OK OCE akan dilanjutkan oleh SKPD terkait di Pemprov DKI untuk menciptakan 200,000 pewirausaha baru selama 5 tahun yang diharapkan akan turut berperan dalam pertumbuhan ekonomi di Jakarta.

“Kesuksesan OK OCE di DKI di lanjutkan Bang Sandi ke tingkat nasional dengan kemasan dan konsep yang lebih dinamis dengan basis kabupaten dan kota dan melibatkan unsur yang ada di wilayah tersebut seperti Komunitas, Pelaku Usaha, Akademisi, Pemda, dan Korporasi,” ujar Coach Faran diruang Kerjanya Senin pagi (17/12) saat ditemui Indonesiatoday.com.

Sebagai sebuah lembaga, GERAK OK OCE INDONESIA menggunakan badan hukum Yayasan Jaringan Wirausaha Sosial OK OCE Indonesia Raya berkolaborasi dengan Coach Faran Academy (CFA) dan Asosiasi Trainer Mentor dan Coach Wirausaha (ARMOR INDONESIA). Mereka akan akan menerapkan metode inkubasi dan akselerasi dengan nama Wiranesia Inkubator dengan target dua juta anggota di Indonesia.

Berdasarkan data di situs resmi GERAK OK OCE https://okoce.me memiliki lebih dari 60 ribu anggota dimana 48 ribu berasal dari DKI Jakarta dan 12 ribu dari luar DKI Jakarta tersebar di 34 Provinsi dan 450 Kabupaten dan Kota.

Diharapkan Gerakan Ekonomi Kerakyatan ini mampu menciptakan lapangan kerja berbasis kewirausahaan dan meningkatkan pendapatan sekaligus peningkatan kesejahteraan masyarakat di Indonesia. (Fettel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here