Renovasi Rumah di Penghujung Akhir Tahun

0
408
Dok. Indonesia Today

KEDIRI today | Dalam rangka Hari Juang Kartika dan HUT Kodam V/Brawijaya, Kodim 0809/Kediri bersama BPMPD (Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa) Kabupaten Kediri, Kecamatan Semen dan Pemerintah Desa Semen, mengadakan renovasi RTLH (Rumah Tidak Layak Huni). kamis (20/12).

Sebagaimana keterangan Bati Tuud Koramil Semen, Pelda Mitro Sugiyanto, objek RTLH tersebut atas nama Endah Sumarliyah (64 tahun), alamat RT 03 RW 03 Desa Semen, Kecamatan Semen.

Ia menjelaskan, untuk renovasi di hari pertama, Koramil Semen menurunkan 6 orang ditambah 2 orang warga setempat. Sedangkan target penyelesaian, optimis renovasi tersebut dalam 1 minggu terhitung hari ini, bakal rampung.

Renovasi tersebut meliputi renovasi lantai (keramik), kayu penyangga, tembok, atap rumah, genteng dan kamar mandi. Di hari pertama masa pelaksanaan renovasi, lebih difokuskan pada renovasi lantai (keramik).

Adapun data RTLH, berdasarkan info dari Babinsa Semen dan Kepala Desa Semen. Sesuai sertifikat tanah yang dimiliki pemilik rumah, ukuran bangunan, lebar 7 meter dan lebar 12 meter atau 84 meter persegi

Pelda Mitro Sugiyanto menambahkan, posisi bangunan rumah termasuk dataran tinggi, jadi jauh dari rawan banjir, hanya saja kondisi genteng banyak yang rusak, air selalu merembes ke dalam rumah.

Suraji, selaku Ketua RT 03 menjelaskan ,”Hari pertama ini, kami hanya mampu membantu 2 org saja, karena mayoritas warga disekitar adalah pedagang pasar.”

Dipastikan hari sabtu dan minggu, pengerahan warga akan lebih banyak lagi untuk bergotong royong. Hal ini bisa dimaklumi, pemberitahuan pelaksanaan RTLH, diinformasikan hari rabu kemarin, jadi persiapan bisa dikatakan cukup minim.

Senada hal itu, Ketua RW 03, Supriyadi mengatakan ,”Kita membantu secara bergiliran, tidak hanya 1 RT saja yang kita gerakkan, tapi 4 RT. Kita membantu sesuai kemampuan warga, kalau ada yang bisa tukang diarahkan tukang, kalau hanya kuli saja diarahkan kuli.”

Sementara itu Kepala Desa Semen, Kukuh Santoso menuturkan, RTLH ini sangat membantu, khususnya bagi mereka yg berstatus warakawuri. Selain itu, menurutnya musim hujan saat ini, perlu diperhatikan, jangan sampai renovasi terhambat.

“Kita mendukung semampunya, material bahan bangunan atau logistik,” katanya.

Berdasarkan penjelasan Pasi Ter Kodim Kediri, Kapten Inf Warsito, RTLH ini dilaksanakan dalam rangka Hari Juang Kartika dan HUT Kodam V/Brawijaya.

Renovasi ini didukung BPMPD, Kecamatan dan Pemerintah Desa. Dukungan berupa material bahan bangunan, sedangkan pengerjaan dilakukan Koramil 22/Semen bersama warga.

Tambahnya, RTLH ini dikhususkan bagi warakawuri, dengan target, 1 minggu harus sudah selesai.

Dodik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here